Di dalam dunia percintaan jika kita sudah berani memulai suatu hubungan, pastinya harus siap juga dengan resiko hubungannya akan putus nantinya. Entah itu putus karena hal yang diinginkan, seperti putus pacaran dan akhirnya menikah, atau putus pacaran ya karena emang udah engga cocok aja. Karena ya, seperti sebuah telur, jika semakin lama umurnya maka telur itu akan semakin membusuk. Begitu juga dengan suatu hubungan, semakin lama umur hubungan tersebut, maka semakin kelihatan sifat busuknya pasangan kita. Itu memang sudah resikonya orang pacaran, mau nunggu sampai alien dari Planet Namec turun ke Bumi lalu menjadi presiden the Fed juga tetap nggak bakalan ada manusia yang sempurna. Bagaimana cara kita menerima segala kekurangan pasangan adalah bumbu-bumbu pahit dalam suatu hubungan, seperti cengkeh di semur ayam, mau engga mau juga harus ada. If you want a good relationship, deal with it.

Nah, jika memang akhirnya harus putus ya tidak mengapa. Jadikan pengalaman untuk hubungan yang lebih baik kedepannya. Lumayan kan bisa nambah-nambahin pengalaman di CV. Tapi, hubungan dengan mantan juga sebaiknya dijaga tetap baik, walaupun pada kenyataannya di lapangan, kebanyakan berakhir jadi musuh. Agak lucu sih kalau dipikir-pikir, kalian adalah sepasang kekasih yang saling mencinta berjanji sehidup semati sebelumnya, tapi begitu putus, sewaktu papasan aja engga teguran. Begitu pentingkah status dimuka bumi ini? Nah, kali ini saya akan membahas tipe-tipe mantan yang sebenarnya agak tabu untuk dibicarakan, karena mantan adalah makhluk yang mudah tersinggung. Semoga mereka nggak baca tulisan ini (lol). Langsung saja berikut tipe-tipe mantan yang harus diketahui. Mungkin beberapa dari kalian pernah merasakan mantan yang seperti ini.

  1. Mantan yang penuh drama

Mantan seperti ini lebih cocok ikutan casting ftv-ftv masa kini aja deh daripada ‘bakatnya’ terbuang percuma kan. Mantan jenis ini biasanya setelah putus suka mulai mencari perhatian orang banyak, membuat seakan-akan kejadian dirinya putus itu semua orang harus tahu. Dan biasanya juga membuat status di sosial media seperti ini, “Akhirnya separuh jiwaku pergi, entah bagaimana bisa aku melalui hari-hari tanpanya lagi. Selamat tinggal ndutku, mungkin kita memang nggak jodoh :’)) *sad *sad *sad.” Bangke kan. Bacanya aja udah mules. Biasanya juga postnya mantan jenis ini akan di-comment temen-temen deketnya yang sama aja dramanya. Terus mereka drama aja deh rame-rame, agar hari itu resmi diingat sebagai hari berkabung bersama dan diperingati setiap tahun.

Populasi mantan jenis ini: Sangat banyak.

  1. Mantan sang stalker papan atas

Mantan jenis ini biasanya gerak-geriknya tidak terlihat dengan mata telanjang. Secara kasat mata mereka sudah terlihat tidak peduli lagi dengan kalian. Tapi tanpa diduga-duga, sebenarnya mereka masih saja mengawasi kita dari jauh, iya dari Bangladesh ngawasinnya. Bahkan setiap perkembangan yang kita buat, mereka sudah tahu duluan. Mulai deh kode-kode bangke di sosial media biasanya. Misalnya kita punya gebetan baru dan coba saja lihat status si mantan jenis ini, biasanya sih bakal ada post yang kira-kira seperti ini, “Hehe secepat itu ternyata ya J”. Ya, mantan jenis ini merupakan penyempurnaan dari mantan jenis pertama tadi. Nyusahinnya dua kali lipat.

Populasi mantan jenis ini: Banyak.

  1. Mantan with benefit

Mantan jenis ini biasanya tetap menjaga hubungan baik dengan kita setelah putus. Biasanya sih putusnya secara baik-baik dan masih ada rasa-rasa sayang yang tertinggal gitu. Karena itu juga, biasanya bersama sang mantan jenis ini masih sering pergi kemana-mana berdua, makan berdua, masak berdua, tinggal berdua, bobo berdua, lalu akhirnya menikah (lah). Tapi, mantan jenis ini biasanya juga menjadi penghalang akan pergerakan kita kedepannya. Mau jadian sama yang lain jadi nggak enak, mau udahan sama dia juga nggak enak. Akhirnya orang-orang yang terlibat didalam hubungan ini menjadi pasukan gabumon (gagal buat moveon).

Populasi mantan jenis ini: Langka (dilindungi pemerintah)

  1. Mantan-nya temen

Mantan jenis ini yang paling berbahaya dan biasanya sih kita semua pernah menemukan. Kalian pasti pernah punya temen deket atau temen biasa aja deh yang jarang ngomong. Dan dulu mereka punya pacar yang kalian suka atau kagumi. Lalu setelah (akhirnya) mereka putus biasanya menjadi pilihan yang sangat rumit bagi kita. Ingin mendekati mantannya temen, tapi takut hubungan pertemanan menjadi rusak dan tongkrongan jadi nggak asik lagi. Tapi kalau nggak dideketin sudah terlanjur suka kan, apalagi dulu sewaktu ketemu nggak sengaja pernah flirting sama dia, ngobrol, makan bareng, pelukan, dan tinggal serumah. Kan jadi serba salah kaya Raisa. Saran saya sih, ya kalau memang serius suka dijadiin aja. Masalah sama temen urusan belakang lah. Kan namanya pertemanan, barangnya temen barangnya kita juga. Ehe

Populasi mantan jenis ini: Sebenarnya banyak (kasat mata)

Jadi seperti itulah tipe-tipe mantan yang perlu kalian ketahui. Kenapa perlu diketahui? Karena ini adalah ilmu hidup yang tidak diajarkan dibangku sekolahan. Jika kalian sudah punya rencana untuk putus dengan pasangan kalian sekarang  di kemudian hari, kalian sudah bisa memilih ingin menjadi tipe mantan seperti apa nantinya. Ingat juga bahwa mantan adalah barang antik yang semakin lama kita tinggal, biasanya semakin tinggi harga jualnya. Jadi pesan moralnya adalah sayangilah mantan-mantan kalian dengan sepenuh hati. Jika tidak menemukan seseorang yang lebih baik nantinya, jangan sungkan untuk  hubungi mantan. Oiya, jika kalian memiliki tipe mantan yang belum tertulis disini, silahkan tulis dikolom comment bawah ya, nanti akan kita bahas bersama. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Sampai ketemu ditulisan yang lain.

Written by : Rifat Nasution

Belajar Sulap 728x90
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.