Image by : HerizkArt Gallery

Besarnya jabatan sesuai dengan besarnya tanggungjawab. Bisa dibilang saya merupakan pemain baru dalam dunia kerja walaupun sebelumnya juga pernah merasakan pengalaman kerja dalam bentuk internship program (pemangangan). Setelah melalui Program Management Trainee di salah satu Perusahaan Swasta di Indonesia, di umur 24 tahun saya sudah diangkat menjadi Kepada Bagian yang memiliki sekitar 70 orang bawahan yang usianya jauh lebih tua dibanding usia saya. Di tempat kerja saya pada saat ini pada sore hari saya selalu berdiskusi dengan pimpinan dan bercerita mengenai tips, trick dan kepemimpinan yang memberikan banyak ilmu kepada saya, yang diantaranya:

  1. Ketika pimpinan memberikan kepercayaan kepada kita dalam bentuk nilai 10 maka kita harus bisa melakukan 10 tersebut dengan baik.
  2. Ketika bekerja, terapkanlah teori tisu. Ketika tisu pada bagian tegah ditarik keatas maka bagian lainnya juga ikut naik. Maksudnya adalah ketika kita mendapat kepercayaan untuk jabatan yang lebih baik maka kita juga harus mengupayakan bahawan kita untuk mengikuti jejak kita agar mendapatkan posisi yang lebih baik.
  3. Dalam bekerja kita membutuhkan sponsor, siapakah sponsor itu? Pimpinanlah yang menjadi sponsor yang dapat memprosikan kita, jadi tidak ada salahnya mendekatkan diri dengan pimpinan.
  4. Terapkan KKN (Komunikasi, Koordinasi, & Negosiasi) apabila KKN ini berjalan, maka kita akan memperoleh kemudahan dalam bekerja.
  5. Pekerjaan dijadikan sebagai Hoby, anggaplah pekerjaan itu sebagai hoby, agar ketika terbangun dari tidur pagi kita tidak memiliki beban, tetapi apabila pekerjaan dianggap menjadi sebuah beban maka hidup akan terasa terbebani
  6. Pandai memposisikan diri dalam bersikap menghapi atasan, bawahan atau teman satu level.
  7. Ketika bawahan melakukan kesalahan janganlah memarahinya, yang sebaiknya dilakukan adalah mengajarinya agar bekerja lebih baik lagi.
  8. Jangan takut dikritik, karena krikitan tersebut dapat menjadikan mental semakin kuat dan jangan lupa berbenah dari kritikan tersebut.
  9. Dalam bekerja pasti adanya perbedaan pendapat, maka perbanyaklah bersabar dan selesaikan masalah tanpa adanya rasa amarah.
  10. Jadilah pribadi yang kuat yang dapat mengayomi bawahan.

Mungkin 10 tips yang diberikan pimpinan saya ini dapat menjadi inspirasi bagi orang lain dalam dunia kerja.

Terimakasih
–**–

Written by : Victor Aybund

Lazada Indonesia
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.