Apa itu online trading? Mungkin anda bertanya-tanya atau pernah sekilas mendengar kata ini namun tidak terlalu interest untuk lebih banyak tau dan mempelajari bisnis tersebut. Online trading sudah dikenal di dunia mulai pada tahun 1980-an dan mulai berkembang pesat sampai pada tahun 1990-an. Online trading adalah jenis perdagangan derivatif yaitu dikenal dengan perdagangan portofolio, singkatnya kita hanya memperdagangkan nilai dari suatu barang tanpa harus memiliki barang tersebut secara fisik. Keuntungan lain adalah kita bisa melakukan bisnis secara fleksibel, dimana saja, kapan saja dan hanya bermodal gadget pribadi anda bisa menghasilkan jutaan, puluhan, bahkan ratusan juta rupiah hanya dalam hitungan jam. Wow! Ya, Ini adalah bentuk dari bisnis modern yang jika kita pelajari dengan baik cara kerjanya akan sangat menguntungkan. Produk yang diperdagangkan pada online trading ini banyak macamnya, seperti currency (mata uang), komoditi (minyak mentah, emas, silver dll), indeks saham dunia dll. Kita dapat memilih dengan cermat peluang diproduk mana yang lebih besar menghasilkan profit dibanding yang lain. Simple.

start a business online

Namun,  untuk sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih sangat awam dan memiliki anggapan yang negatif pada bisnis ini. Kenapa? Alasan utamanya adalah belum adanya pembelajaran langsung tentang perdagangan ini di bangku sekolah, bahkan kuliah. Padahal jika anda tau, 80% remaja di Amerika Serikat dan Negara-negara maju di Eropa bahkan sebagian Asia (Jepang, Hongkong,Singapura, Cina) bercita-cita sebgai wakil pialang atau broker. Karena mereka sudah mengetahui betapa besar uang yang dihasilkan sebagai wakil pialang atau broker.  Beda dengan masyarakat Indonesia yang para remajanya kebanyakan bercita-cita sebagai Polisi, Dokter, Pilot dll. Walaupun itu kembali kepada mindset masing-masing orang, namun kita dapat melihat perbedaan mindset masyarakat suatu Negara Maju dan Negara berkembang.

Okay, itu sekilas tentang online trading dan beberapa keuntungannya. Disini kita akan melihat keuntungan secara real  tentang bisnis online trading ini.

Bisnis Yang Keuntungannya Mencapai 50% bahkan 100%

Sebagian besar dari kita mungkin memiliki tabungan atau deposit di Bank. Seperti yang diketahui bunga dari deposit Bank pertahunnya hanya mencapai 7%-8%. Perbedaannya dengan online trading, kita bisa mendapatkan angka 10%-20% profit dari Modal, hanya dalam 1 bulan. Tentunya dikelola dengan baik dan ditempat yang tepat.  Jadi, jika dilihat keuntungannya dibandingkan uang kita hanya diam di Bank saja dan tidak berkembang, lebih baik jika kita menginvestasikan pada bisnis ini, namun sekali lagi dengan pengelolaan dan pengembangan yang baik.

Perbandingan lain dengan bisnis konvensional. Tentunya setiap orang ingin memiliki bisnis pribadi seperti membuka restaurant, café, travel and tour, property dan lain lain. Setiap bisnis pasti memiliki modal yang relatif besar di awal. Dan belum tentu mendapatkan profit yang besar pula apalagi mengembalikan modal dalam waktu singkat, dan juga setiap pebisnis jika membuka bisnis baru harus sudah siap mengalami kerugian. Apalagi ada biaya lebih untuk sewa tempat, gaji karyawan, pajak, dan lain lain yang harus dipikirkan jika ingin memulai suatu bisnis konvensional.  Nah, dibandingkan dengan online trading, kita tidak perlu pusing memikirkan sewa tempat, gaji karyawan,  surat izin, pembayaran pajak dll. Namun, pastinya kita harus bersiap dengan kerugian juga, sekali lagi setiap bisnis pasti memiliki kerugian, namun di bisnis online trading, kita dapat meminimalisir kerugian dengan Risk Management. Itulah mengapa bisnis ini harus dipelajari dan diperdalam sebelum kita terjun didalamnya.

Menghasilkan Profit Disaat Harga Dunia Sedang Tidak Stabil (Naik atau Turun)

Ketidakstabilan ekonomi malah menjadikan keuntungan pada bisnis online trading ditengah kecemasan masyarakan akan kenaikan harga dan barang yang semakin tinggi.

Kenapa? Karena TWO WAYS OPPORTUNITIES! Seperti berikut.

b

Maksudnya adalah, kita bisa mendapatkan profit jika harga sedang naik atau turun. Contoh sederhananya adalah jika harga minyak dunia sedang dalam tren naik kita dapat ambil posisi BELI atau BUY dan menjualnya kembali disaat harga lebih tinggi dari harga yang kita BELI atau BUY. Selisih antara kedua harga tersebut adalah keuntungan bagi kita. Posisi JUAL atau SELL adalah kebalikannya. Simple bukan?

Waktu Trading Yang Fleksibel

c

Waktu transaksi adalah 24 jam setiap hari mulai pembukaan New Zealand Market hari Senin jam 05.30 WIB sampai dengan penutupan New York Market jam 04.30 WIB WIB hari Sabtu.

Efisiensi Modal (High Risk High Return)

  • Transaksi dilakukan dengan menggunakan Margin Trading.
  • Dengan demikian para investor dapat melakukan transaksi yang besar dengan modal yang relatif kecil. Dana yang dibutuhkan sebesar 1% dari nilai transaksi.
  • Dengan adanya Margin setiap profit & loss yang terjadi saat transaksi akan dilipatgandakan sesuai tingkat Leverage yang dipakai (High Risk High Return).

Resiko Dapat Diatur

Setiap transaksi yang kita lakukan dapat kita tentukan batas maksimal kerugian (Loss) yang mampu kita terima jika posisi transaksi yang kita punya tidak sejalan dengan pergerakan harga di pasar.

d

Pengaturan resiko = penggunaan fasilitas stop loss (memaksa transaksi berhenti jika kerugiaan sudah mencapai batas yang sudah ditentukan sebelumnya. Contoh transaksi

  • Max Loss tanpa Stop Loss : 1.1495 – 1.1312 = -183 pips = -Rp. 18.300.000
  • Max Loss dengan Stop Loss : 1.1351 – 1.1312 = -39 pips = -Rp. 3.900.000

PrintScreen Profit Salah Satu Account

e

Gambar disamping merupakan salah satu contoh real keuntungan yang didapatkan sebesar Rp.30,932,376 kurang dari 24 jam. Software yang digunakan adalah Pro-I Trader for Iphone.

  • Open BUY position for EUR/JPY : 130.67
  • Closed position for EUR/JPY : 133.83

Selisih antara dua posisi tersebutlah merupakan nilai dari profit yang didapatkan. Sekali lagi kita tidak dapat terus yakin akan profit dalan bisnis ini, namun kunci utamanya adalah bagaimana kita meminimalisir kerugian dengan analisis fundamental dan teknikal terhadap market yang berubah setiap detiknya.

Ingin mengetahui bisnis ini lebih lanjut?

Contact me

Written by : M. Rihathabib Nst

  • 081261173019

    Call Me: Rifat

  • rifathabibnst@yahoo.com

Send me mail

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.