Olahraga selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, juga penting bagi kesegaran jiwa dan pikiran, maka dari itu efek buruk dari kurangnya berolahraga bukan hanya dari fisik saja tetapi pada jiwa juga.

Apakah kamu sering merasa kesal setiap hari atau perasaan badmood tanpa sebab yang jelas? apabila iya, berarti kamu salah satu orang yang kurang dari berolahraga, untuk memperbaiki emosi kamu dan membuat perasaan kamu lebih bahagia, kamu dapat mengikuti olahraga yang mungkin bisa memancing rasa bahagia kamu:

1. Renang

Tidak diragukan lagi berenang adalah salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat. Berenang bisa membakar 200 hingga 300 kalori, tergantung intensitas dan gaya yang kamu lakukan. Secara psikologis berenang dapat membuat hati tenang dan perasaan lebih relax, berenang yang santai dapat meningkatkan hormon endorphin didalam otak, efeknya suasana hati lebih sejuk dan pikiran pun lebih adem. Serupa dengan yoga, selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang disertai dengan teknik pernapasan yang berirama. Itulah sebabnya berenang dapat membantu menghindari gejala stres.

2. Menari

Banyak yang belum tau menari adalah salah satu kategori olahraga. Menari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menari banyak mengeluarkan keringat sehingga sangat efektif untuk membakar kalori, selain itu menari juga menjadikan tubuh yang kuat dan berstamina. Menari bukan sebatas di club malam saja, kamu juga bisa melakukannya di tempat gym atau pun di rumah. Pilihlah jenis musik dan tarian yang kamu suka, ini kan membuat kamu lebih relax, jangan lupa pilihlah busana yang sangat aman dan nyaman untuk gerakan tarian kamu. Salsa merupakan jenis tarian yang sangat di rekomendasikan. Menari salsa dengan pasangan dapat menciptakan ke intiman dan membuat perasaan kamu lebih senang. Bersenang-senang dengan tarian tidak hanya bisa dilakukan dengan pasangan saja, namun bisa juga dilakukan secara grup, dengan menari secara group kekompakan sangat dibutuhkan, untuk itu dibutuhkan komunikasi yang baik. Bekerjasama dan berinteraksi secara positif juga bisa menimbulkan perasaan bahagia, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.

3. Outdoor

Olahraga outdoor menawarkan petualangan yang memacu adrenalin, sehingga sangat cocok menghilangkan stress. Untuk pilihan olahraga outdoor kamu bisa memilih: Bersepeda, Bungee Jumping, Parasailing, Rafting, Naik Gunung, Panjat Tebing atau pun Selancar. Olahraga-olahraga ini memerlukan energi dan kekuatan otot, dengan melatih kekuatan kaki, tangan dan perut, tubuh pun menjadi bugar. Dengan meluangkan waktu 5 menit melakukan olahraga hijau mampu memberikan manfaat bagi kesehatan metal kita, yang di maksud dengan olahraga hijau ialah dengan melakukan aktivitas fisik di alam terbuka, menghirup udara segar di alam terbuka dan menikmati pemandangan yang indah sudah tentu dapat membuat tubuh menjadi relax, di tambah dengan berolahraga maka manfaat ganda yang kita dapatkan, tubuh sehat dan hati pun gembira.

4. Jalan Kaki

Jalan kaki sering dianggap jenis olahraga yang spele. Padahal sudah terbukti jika dilakukan secara rutin bisa mengatasi di berbagai masalah kesehatan, mulai dari migren, kelebihan berat badan, masalah pernapasan, jantung hingga penyakit lainnya. Berjalan kaki 3x perminggu selama 30 menit dapat meningkatkan kebugaran dan sistem pernapasan, secara signifikan, bahkan jalan kaki singkat sekitar 10 menit perhari pun memiliki efek positif untuk kesehatan, hasilnya akan terlihat pada peningkatan kebugaran dan pengurangan lemak ditubuh, jika dilakukan secara teratur setiap hari, berjalan kaki merupakan aktivitas yang diperlukan untuk menjernihkan pikiran dan membuat tubuh relax. Bejalan santai juga membantu menaikan mood kamu, berjalan kaki meningkatkan kebugaran dalam tubuh dan kamu mendapatkan perasaan positif yang lebih baik. Berjalan kaki juga terbukti dapat menghilangkan depresi, cobalah berjalan sambil mendengarkan musik, biarkan pikiran kamu tenang dan hiruplah nafas dalam-dalam. Kamu bisa mengikuti kebiasan baik ini dengan rutin berjalan kaki di pagi atau di sore hari, bisa kamu lakukan di taman kota ataupun di komplek perumahan kamu.

Image by : Free Pik

Written by : Avido Store

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.