Kawah Putih CiwideyKawah Putih Ciwaidey Kata “wow” adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keindahan alam ciptaaan Tuhan yang satu ini. Yaaa. Sebuah tempat wisata yang sangat digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara saat mengisi waktu luang, weekend, juga hari –hari libur tertentu, lokasinya yang terletak di daerah kabupaten bandung selatan membuat daerah ini belum terlalu banyak tersentuh oleh pembangunan layaknya pusat kota bandung, sehingga udara dingin masih menyelimuti kawasan ini dan hamparan bukit yang terbentang sepanjang jalan menuju lokasi kawah ciwidey. Luasnya daerah persawahan hijau yang menyejukkan mata juga merupakan sambutan yang diberikan  jika hendak menuju ke lokasi kawah putih.

Akses menuju ke kawah putih

Karena kawah putih ciwidey salah satu tempat yang pas untuk berlibur, jadi akses menuju kesana juga banyak. Jika ingin berlibur dengan rombongan atau keluarga besar, maka mobil adalah transportasi yang paling tepat selain menggunakan jasa travel. Tol Buah batu adalah tujuan pertama untuk menghemat waktu perjalanan, langsung lanjut  ke  Bojongsoang ,  Dayeuhkolot , Banjaran Soreang Ciwidey. Atau kalau misalnya pengunjung yang berasal dari luar Jawa Barat, bisa menggunakan jasa travel, selain bisa menghemat waktu dan lebih menghemat biaya serta wisatawan tidak perlu lagi merasa pusing-pusing dengan petunjuk jalan untuk menuju lokasi obyek wisata kawah putih ciwidey jadi tinggal nyantai aja di dalam ELF  tanpa harus ngendarain mobil sendiri, hehehe.

Akses yang paling cepat dan gak kenal macet adalah pakai  motor dong pastinya melalui jalur alternatif berikut :

  1. Ke arah selatan di Jalan Terusan Buah Batu menuju Jalan Adhyaksa Raya 400 m.
  2. Terus ke Jalan Raya Bojongsoang 2,9 km
  3. Belok kiri menuju Jalan Raya Dayeuhkolot 700 m
  4. Belok sedikit ke kanan menuju Jalan Raya Banjaran 1,1 km
  5. Terus ke Jalan Banjaran Raya 3,6 km
  6. Belok kanan menuju Jalan Bojong Waru – Bojong Malaka 150 m
  7. Belok kiri menuju Jalan Bojong Pulus – Sukasari 1,4 km
  8. Terus ke Jalan Kampung Rancaenggang 400 m
  9. Terus ke Jalan Kampung Kalapatilu 650 m
  10. Belok kiri menuju Jalan Rancatungku 1,1 km
  11. Belok kanan menuju Jalan Sukamaju 400 m
  12. Belok kiri menuju Jalan Gandasoli 2,0 km
  13. Belok kiri menuju Jalan Gandasoli 350 m
  14. Belok kanan untuk tetap di Jalan Gandasoli 250 m
  15. Belok kanan menuju Jalan Gandasari 800 m
  16. Belok sedikit ke kiri menuju Jalan Raya Soreang 3,2 km
  17. Belok kanan menuju Jalan Raya Soreang – Ciwidey 3,2 km
  18. Terus ke Jalan Raya Ciwidey 9,8 km
  19. Belok sedikit ke kiri menuju Jalan Ciwidey – Rancabali 4,2 km
  20. Terus ke Jalan Ciwidey – Babakan Jampang 1,0 km
  21. Terus ke Jalan Babakan Jampang – Cibuni 4,7 km
  22. Belok kiri menuju Jalan Kawah Putih 190 m
  23. Belok sedikit ke kanan untuk tetap di Jalan Kawah Putih 5,3 km

Dan jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen indah sepanjang perjalanan ya 😉

Harga Tiket Masuk Kawah Putih

Gak  perlu ngerogoh kocek yang dalam kok untuk nikmatin pemandangan alam yang satu ini, Tiket untuk masuk kawah putih ciwidey adalah : Rp. 18.000,- perorang, untuk wisatawan domestik/Lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya Rp 30.000,-

Dari pintu gerbang Kawah Putih menuju lokasi puncak berjarak sekitar 5 Km, dengan jalan yang menanjak naik ke atas, tentunya tidak mungkin jika harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Untuk dapat sampai dilokasi juga telah disediakan alat transportasi yang dinamakan ontang anting dengan tarif Rp 10.000,- perorang untuk Pulang Pergi sebagai salah satu sarana pendukung pariwisata kawah putih Ciwidey, mobil ini akan siap mengantarkan para pengunjung dari pintu gerbang menuju puncak kawah. Nama dari Ontang Anting diambil dari bahasa sunda yang berarti mondar-mandir. Sepanjang perjalan menuju ke kawah putih, kita agan disuguhi oleh hutan luas dan udara yang bbbrrrrr dingin dan sejuk, jadi pastikan bawa jaket atau sweater ya.

Waktu yang paling tepat dan seru untuk menikmati dinginnya udara di kawah putih adalah pada musim penghujan atau berkisar pada bulan oktober sampai januari. Yaa…walau kadang hujan turun setiap 10 menit sekali, tapi itu gak akan jadi masalah, karena kalo udaranya udah dingin, kita bernapas tu udah serasa di Eropa aja, ‘ada asapnya gitu’, hehehe :D. Tapi jangan terlalu lama berada disana ya, karena kalo kelamaan kurang baik untuk kesehatan. Meskipun dikasih masker waktu bayar tiket parker motor, tetap ada himbauan dari penanggungjawab untuk membatasi waktu kunjungan.

Biaya Parkir Kendaraan di Kawah Putih

Tersedia dua area parkir bagi para wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, kedua area parkir tersebut yang 1 terdapat di bawah dekat dengan gerbang masuk dan area parkir atas yang dekat lokasi Kawah Putih.

Tarif Parkir Bawah :

  • Kendaraan roda dua / motor  tarifnya sebesar Rp. 5000,- (+ masker)
  • Kendaraan roda empat / mobil tarifnya sebesar Rp. 6000,-

Jika kendaraan wisatawan parkir di bawah untuk sampai ke lokasi puncak kawah bisa dilanjutkan dengan menggunakan jasa transportasi ontang-anting dengan tarif seperti yang sudah yoshiwafa.com jelaskan di atas.

Tarif Parkir Atas :

Biaya parkir kendaraan Roda empat / mobil di areal parkir atas adalah Rp. 150.000,-

Biaya di areal parkir atas memang dikenakan tarif yang cukup mahal, namun tentunya wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk naik ontang-anting, misalnya jika kendaraan travel yang anda gunakan memiliki penumpang 15 orang maka 150.000 dibagi 15 orang hasilnya akan sama dengan 10.000, harga ini akan sama saja dengan biaya yang harus dikeluarkan wisatawan jika menggunakan jasa ontang anting. Bedanya hanya sedikit saja yaitu terletak pada pemakaian bahan bakar minyak.

Suasana Kawah Putih Ciwidey

DSC_0026 DSC_0027
Written By : Andri Suarna

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.