Image by : Gumz

Menulis sepertinya hal yang mudah. Tetapi sejatinya, menulis bukanlah hal yang mudah. Kamu beruntung jika mempunyai bakat menulis, sehingga dapat mengekspresikan hal yang ingin kamu ungkapkan tetapi melalui sebuah media, yaitu media seperti ini, blog atau media sosial lainnya.

Menentukan kata yang pas agar tulisan enak dibaca, memberi bumbu bahasa disetiap tulisan, bukan perkara yang bisa kamu pelajari dalam satu hari. Kamu harus menambah ilmu dengan membaca berbagai sumber informasi. Jika kamu ingin menuliskan sesuatu, langsung saja tuliskan, maka tulisan itu akan benar – benar berasal dari kreativitas kamu.

Mengekspresikan kesedihan kamu juga bisa melalui tulisan. Saat kamu sedih dan ingin menangis, tetapi tidak dapat menangis, kamu bisa langsung menulis. Perasaan lega mungkin akan langsung menghampiri kamu. Menulis membahagiakan kamu. Begitu menurut aku..

Suka menulis itu muncul sejak SD, tetapi aku suka menulis puisi, dongeng dan cerita pendek. Hobi itu muncul karena aku suka membaca majalah bobo. Menulis puisi yang masih jauh dari kata bagus, tetapi ketika puisi itu telah jadi, perasaan senang dan bangga pun muncul. Menurut aku sih bagus saja karena aku juga bukan seorang ahli pembuat puisi.

Pernah untuk pertama kalinya sewaktu SMP aku mengirim karya puisiku ke SMA Plus Pekanbaru. Guruku menyuruhku ikut, tetapi sayang sekali aku tidak memenangkannya 😀

Aku juga pernah mengikuti lomba membuat pantun. Ya ampun, untuk masalah pantun, aku memang untuk pertama kalinya menulis pantun ini. Tetapi guruku bilang, aku bisa. Aku dipasangkan dengan kakak kelas aku. Saat pertandingan kami sempat menyerah, karena rata – rata peserta lomba membuat pantun menggunakan bahasa melayu, sedangkan kami hanya memakai bahasa Indonesia.

Pertarungan itu membuahkan hasil. Kami berhasil meraih juara umum. Selamat! 😀

Masa SMA dimana aku sering mengikuti pelatihan tentang menulis. Aku juga semakin mengerti bagaimana cara menulis,ya terutama dalam menulis news. 

Kemudian aku semakin bersemangat saat kuliah ada UKM yang bergerak dibidang tulis menulis. Aku pun bergabung, dan mulai aktif.

Kita perlu belajar menulis setiap hari agar semakin luwes dan gaya bahasa kita tidak menonton.  Kita juga bisa mengetahui gaya menulis seperti apa yang pas pada diri kita.

Seperti aku, aku tipe orang yang menulis menggunakan bahasa yang formal, tetapi tidak dipungkiri bahwa aku bisa juga menulis menggunakan bahasa santai.

Semoga bermanfaat 🙂

Written by : Nana Tryana

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.