Apa sih pentingnya membuat “to-do list“? apa kamu termasuk orang yang sering membuat jadwal kegiatan harian atau aktifitas sehari-hari kedalam note, buku harian atau aplikasi note kamu? apakah ada pengaruhnya dalam kehidupan kamu?

Dalam buku To Do List: From Buying Milk to Finding a Soul Mate, What Our List Reveals About Usyang ditulis oleh Sasha Cagen, kita bisa menemukan bahwa pada dasarnya semua orang bisa dan perlu membuat to do list. Bahkan menurut Sasha, sebuah to do list dapat mencerminkan kepribadian orang yang menulisnya. Soalnya, dari daftar yang dibuat kita bisa mengetahui hal-hal apa yang menjadi prioritas bagi orang tersebut (Daily Sylvia).

Berikut 5 tips yang akan membantu kamu membuat to-do list harian yang efektif meningkatkan produktivitas kerja kamu:

  1. Buat to-do list sebelum melakukan pekerjaan.
  2. Tidak lebih dari 5 poin perharinya.
  3. Buat tugas sespesifik mungkin.
  4. Urutkan tugas berdasarkan prioritas.
  5. Kerjakan! Dan beri tanda bila telah terselesaikan.

Secara umum, fungsi to do list adalah untuk mengingatkan kita akan apa saja yang harus kita lakukan. Dengan demikian, kita bisa lebih fokus mengerjakan hal yang penting dan tidak membuang waktu dengan percuma. Kita juga jadi bisa menentukan prioritas, serta mengatur waktu untuk menyelesaikan berbagai tugas dan tanggung jawab kita.

Adapun beberapa manfaat to do list, apabila kamu melakukannya:

  1. Berguna untuk menentukan skala prioritas pekerjaan.
  2. Lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.
  3. Waktu digunakan dengan efektif dan efisien.
  4. Semua tugas bisa diselesaikan tepat pada waktunya.
  5. Lebih produktif dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Mempunyai to do list merupakan sebuah kewajiban setiap hari. Mengapa? Karena dengan to do list berarti kita telah membuat skala prioritas untuk setiap tugas yang harus kita selesaikan pada hari tersebut. Dengan adanya to do list, hal itu menjadikan pikiran kita lebih fokus. Sehingga setiap pekerjaan bisa kita selesaikan setiap hari. Jadi mulailah membuat list pekerjaan kamu, biar apa yang kamu targetkan dapat tercapai dengan hasil yang maksimal dan tentunya terselesaikan tepat pada waktunya.

Written by : Babe Kurniawan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.