Kecelakaan berkendara sudah menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Hal ini dibuktikan berdasarkan data Global Status Report on Road Safety yang dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2015, yaitu Indonesia menempati urutan pertama peningkatan kecelakaan. Indonesia dilaporkan mengalami kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas hingga lebih dari 80 persen. Sungguh prestasi yang membanggakan, eh maksud saya sungguh sangat mengkhawatirkan. Hal ini terjadi mungkin dikarenakan para pengendara di Indonesia masih tidak mengerti apa saja hal yang tidak boleh dilakukan ketika sedang berkendara. Jadi mari kita baca tulisan ini dengan seksama agar kita jadi pengendara yang lebih baik dijalan. Saat ini saya khususkan untuk pengendara motor terlebih dahulu ya, karena jumlah pengendara motor saat ini lebih banyak dari pada mobil.

Zaman sekarang, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki motor pribadi. Selain biayanya yang lebih kecil dibandingkan mobil, untuk dipakai pacaran, motor lebih menyenangkan. Pastinya kalian pernah berada dijalan dan sedang mengendarai motor ataupun melihat langsung pengendara motor dijalan, kan? Nah, kalian pasti pernah lihat pengendara motor yang mengendarai motornya ugal-ugalan, dan bikin kita ngelus dada,  dadanya duo serigala.

5 hal yang akan kita bahas ini merupakan hasil observasi saya selama bertahun-tahun, dan sudah saya simpulkan bahwa 5 hal ini sangat berbahaya. Jadi, kalau kalian pernah melakukan 5 hal yang ada di bawah ini, sebaiknya kalian berhenti melakukannya. Karena ada mitos kalau melakukan salah satu dari 5 fakta ini kalian akan jomblo selama satu periode pemerintahan. Mengerikan bukan? Makannya tertiblah berlalu lintas.

Baiklah, dari pada kalian penasaran karena saya terlalu panjang ngocehnya, langsung saja kita simak 5 Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengendarai motor di jalan:

  1. Dilarang Baca Koran

Yang pertama adalah dilarang baca koran sambil mengendarai motor. Boleh sih kalian ingin tahu dan nggak ingin ketinggalan informasi-informasi terbaru yang terjadi di dunia. Tapi sebagai pengendara yang baik dan benar, sebaiknya kalian jangan baca koran ketika mengendarai motor di jalan raya. Seorang ilmuwan dari China pernah meneliti, orang yang mengendarai motor sambil membaca koran mempunyai kemungkinan meninggal lebih tinggi dari pada orang yang cuma duduk di rumah dan menonton TV. Mengerikan  bukan?

  1. Dilarang Makan

Yang kedua adalah dilarang makan sambil mengendarai motor. Ketika kita mengendarai motor di jalan raya, memang seringkali perut terasa lapar dan tak tertahankan, yang akhirnya mengganggu konsentrasi dalam berkendara. Jadi ketika lapar menyerang, saya sarankan menepilah terlebih dahulu. Karena tidak dianjurkan mengendarai motor sambil makan, apalagi makan nasi goreng sambil ngebawa tukang nasi gorengnya buat nyiapin makanan. Itu nggak boleh ya, karena sangat berbahaya. Kalian pasti nggak mau kan, sewaktu kalian lagi enak-enaknya makan di jalan raya tiba-tiba mobil yang ada di depan kalian nge-rem mendadak cuma untuk memesan makanan ke abang nasi gorengnya. Kalau begini, abang nasi gorengnya yang untung banyak dan dikhawatirkan dikemudian hari, si abang nasi goreng menjadi orang yang paling dicari dijalanan, dan menjadi abang seleb jalanan. Jadi, jangan makan dijalan ya, sangat merugikan.

  1. Dilarang Ngobrol Berjejer

Hal yang ketiga adalah dilarang ngobrol berjejer. Kalian pasti pernah kan ketemu teman di jalan? Dan karena sudah lama nggak ketemu, akhirnya nggak sadar kalian jadi ngobrol di jalan raya. Jika kalian pernah melakukan hal tersebut, sebaiknya berhenti sekarang. Atau jika kalian melihat orang yang ngobrol berjejer di jalan sebaiknya segera tegur mereka sebelum hal buruk terjadi.

Saya juga pernah menegur orang yang sedang ngobrol berjejer. Jadi ceritanya sewaktu saya sedang mengendarai motor di jalan, tiba-tiba ada orang yang lagi ngobrol berjejer di depan saya. Tanpa pikir panjang, saya langsung ambil keputusan.

“Wooii bang, kalo mau ngobrol jangan di jalan dong, bahaya tau!“, tegurku.

Santai dong.. Eh, kau Rifat Habib, kan? Hahaha! Udah lama ya kita nggak ketemu. Apa kabar kau sekarang? Masih suka baca koran dijalan nggak?“, jawab si pengendara motor yang berjejer.

Eh, bang Panjul!, Alhamdulillah bang sehat. Masih bang kadang-kadang hehe. Abang gimana kuliahnya?“, balasku lagi.

….dan akhirnya kami ngobrol berjejer tiga.

  1. Dilarang Bercukur

Selanjutnya adalah dilarang bercukur sambil mengendarai motor. Walau sepenting apapun alasan kalian bercukur, tapi sebaiknya kalian jangan bercukur di jalan raya. Misalnya bulu ketek kalian sudah terlalu panjang dan menutupi mata kaki. Parahnya lagi waktu itu kalian sedang diperjalanan untuk ngapel kerumah pacar. Namun, segera urungkanlah niat bercukur dijalan. Karena pastinya kalian akan merasa gugup menjadi tontonan pengendara lain, dan dikhawatirkan malah menyebabkan kecelakaan terhadap pengendara lain yang matanya kemasukan bulu-bulu ketek kalian yang beterbangan. Jadi, Lebih baik kalian mencukur bulu keteknya bareng pacar aja. Selain aman, mencukur bulu ketek bersama pacar bisa menghemat biaya ngapel kalian.

  1. Dilarang Berciuman

Yang terakhir adalah dilarang berciuman sambil mengendarai motor. Apakah kalian pernah khilaf berciuman saat naik motor ataupun melihat pengendara lain melakukannya? Jika kalian pernah, lebih baik jangan diulangi lagi. Karena fakta ini mempunyai mitos yang sangat menakutkan. Karena katanya jika kalian berciuman saat mengendarai motor, ada kemungkinan pihak ketiga akan mencium kalian juga, yaitu bibir aspal.

Selain mendapatkan ciuman dari pihak ketiga, biasanya orang yang berciuman saat mengendarai motor akan mendapatkan musibah lain yang lebih mengerikan. Yaitu serangan dari para jomblo. Ya, jika ada jomblo yang mendapati kalian sedang berciuman di jalan raya, mungkin kalian akan diserang habis-habisan oleh sekumpulan oknum jomblo yang bersatu. Jadi lebih baik kalian tidak berciuman saat naik motor di jalan raya, sayangi nyawa kalian dan jauhi perselisihan dengan para jomblo.

****

Jadi sekian dulu fakta nyusahin dari saya. Saya berharap peringatan ini bisa diimplementasikan ke kehidupan nyata kalian yang membaca ini. Beberapa hal di atas ada yang hanya berlaku untuk mengendarai saja, tidak berlaku ke orang yang dibonceng. Terlepas dari bermanfaat atau tidak bermanfaatnya hal di atas, itu saya serahkan ke diri kalian masing-masing. Kalian kan sudah besar, jadi kalian pasti tau mana yang baik dan mana yang enggak. Dan jangan lupa share tulisan ini demi menyelamatkan orang-orang yang belum paham pentingnya keselamatan berlalu lintas. Akhir kata, terima kasih sudah membaca tulisan ini. Percayalah, kalian sudah membuang waktu dan kuota percuma. Hore.

Written by : Rifat Nasution

Cara Membuat Video Tutorial 720x90
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Notify me of followup comments via E-Mail.
You can also followup comments without commenting.