Perkembangan Teknologi InternetPerkembangan Teknologi Internet

Jika kita amati perkembangan teknologi internet memang sangat pesat. Terutama untuk saat ini, dimana hampir setiap remaja di Indonesia merupakan pengguna aktif internet. Populernya dunia internet ini salah satunya juga didukung dengan perkembangan teknologi jaringan internet yang cukup cepat. 

Dengan inovasi-inovasi terbaru, setiap orang saat ini bisa mengakses internet dengan mudah, murah, dan cepat tentunya. Nah, jika kita tengok ke belakang, terdapat beberapa jenis jaringan internet yang berkambang mulai dari G, E, H, H+, 3G, dan 4G. Untuk penjelasannya sebagai berikut:

  1. Sinyal G atau GPRS (Global Package Radio Service)

GPRS adalah teknologi yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima data dalam bentuk paket data seperti email, gambar, atau surfing internet. GPRS merupakan teknologi 2,5 G yang merupakan evolusi dari teknologi 1G dan 2G yang telah populer sebelumnya. Teknologi ini pertama dikenalkan di Indonesia pada tahun 2001 dengan standar kecepatan 56 kbps hingga 115 kbps.

  1. E atau EDGE

Teknologi ini merupakan evolusi dari teknologi sebelumnya dengan kapasitas pengiriman dan penerimaan data yang lebih besar dan lebih cepat. Pada umumnya, teknologi ini memiliki kecepatan transfer data 2 mbps saat sedang beristirahat atau 384 kbps saat pengguna sedang berada dalam kendaraan.

Perkembangan Teknologi Internet
  1. HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)

Teknologi ini merupakan peningkatan dari teknologi 3G yang ditingkatkan menjadi 3,5G atau sering disebut dengan HSDPA atau 3G++ yang memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Teknologi ini memungkin pengguna untuk mengakses data mulai dari 1.8 , 3.6, 7.2 , hingga 14 mbps.

  1. Sinyal HSUPA

HSUPA adalah teknologi protocol ponsel yang memperbaiki proses atau mendongkrak uplink data dari perangkat atau server. Teknologi akses internet yang satu ini memiliki kecepatan hingga 5,67 Mbps. 

Nah, itulah beberapa jenis jaringan internet yang akan terus berkembang hingga saat ini telah mencapai teknologi 4G. Perkembangan teknologi internet ini diprediksi akan terus berlanjut dalam setiap waktunya. Jadi siap-siap aja sob menikmati akses internet yang super wuss.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *