You are here: Home » Jenis bisnis‎ » Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Syariah

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Syariah

Image result for Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Syariah

Tahukah Anda bahwa instrumen investasi semakin hari semakin memiliki variasi. Dan dari sekian banyak investasi, investasi logam mulia atau kita lebih mengenalnya dengan emas merupakan salah satu investasi yang konvensional tidak tenggelam dan ditinggalkan begitu saja terbawa arus trendsetter. Sebagian orang percaya bahwa emas sebagai investasi konvensional, dimana masih merupakan pilihan yang baik bila Anda ingin keuntungan jangka panjang. Investasi emas syariah adalah salah satu option yang masyarakat pilih sebagai investasi konvensional.

Nyatanya memilih lembaga sebagai tempat investasi emas syariah pastinya Anda tidak bisa sembarangan. Karena ada kredibilitas dan akreditasi lembaga harus diutamakan di atas segalanya, oleh sebab itu Anda harus selektif, jika tidak aset Anda akan jadi jaminannya.

Untuk masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim pastinya memilih investasi emas tetap harus memperhatikan apakah lembaga tersebut menjalankan investasi yang sesuai syariah atau malahan mengandalkan riba. Dan berbicara mengenai investasi emas syariah, ada baiknya Anda mengetahui apa saja keuntungannya dan kerugiannya seperti penjabaran dibawah ini:

Image result for Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Syariah

Keuntungan investasi emas syariah:

  • Investasi yang tidak memerlukan banyak biaya

Emas hanya dapat dibeli dalam satuan gram. Dan harga satu gram emas berbentuk perhiasan saat ini sudah mencapai angka 400 ribu rupiah. Sedangkan harga emas logam mulia saat ini saja sudah sekitar 600 ribuan rupiah per gram. Dan pembeliannya pun dapat dilakukan secara bertahap, ambil contoh sebulan atau dua bulan sekali. Jadi Anda tidak perlu menunggu uang lebih dari 1 juta untuk menabung emas karena emas logam mulia dapat dibeli sesuai bujet yang dimiliki. 

  • Harga emas yang tidak mempengaruhi inflasi

Kondisi ekonomi suatu negara tidak dapat diprediksikan, kadang ada yang sudah berada diujung tanduk. Bila inflasinya semakin parah, maka akan mempengaruhi nilai barang lainnya. Tapi  tidak berlaku pada emas. Karena meski demikian, emas akan tetap berjaya. Dan terbukti emas menjadi benda yang menyelamatkan Anda dari keterpurukan finansial.

  • Bosan dengan logam emas dapat diubah menjadi perhiasan 

Untuk pria mungkin lebih nyaman bila investasi emas dalam bentuk logam, berbeda dengan wanita yang lebih tertarik dalam wujud perhiasan, seperti kalung, cincin, dan gelang. Oleh sebab itu tidak jarang banyak orang mengubah emas logam menjadi perhiasan, karena emas tidak akan berkurang walau sudah menjadi perhiasan. Dan saat dijual, harga jualnya tetap senilai dengan emas logam mulia.

  • Anda Bisa Mencairkannya Kapan Pun 

Anda pastinya sudah tahu kalau emas adalah merupakan aset berharga yang mudah dijual. Hampir semua orang tertarik dengan emas terutama wanita, oleh sebab itu, Anda dapat menukar emas dengan uang kapan saja Anda butuhkan.

Kelemahan investasi emas syariah:

  • Ada berat minimal emas agar dapat dicairkan, minimal untuk emas batangan sekitar 5 gram.
  • Adanya kurs beli dan kurs jual yang mempengaruhi tabungan emas Anda, misalnya seperti pegadaian.
  • Program syariah belum semua tempat atau bank yang mengadakan, lumayan menguras waktu untuk Anda menemukan tempat yang pas.

Ada banyak tempat yang bersedia mencairkan emas milik Anda menjadi uang. Diantaranya adalah: pegadaian, toko perhiasan, bahkan butik emas atau bank yang mengadakan investasi emas syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *