You are here: Home » Tips Bisnis » Produk Produk Bank Syariah Paling Populer

Produk Produk Bank Syariah Paling Populer

Bank syariah adalah suatu lembaga keuangan yang menjalankan roda perbankan nya dengan sistem syariat Islam. Saat ini telah hadir beragam penawaran produk produk bank syariah untuk setiap calon nasabah. Pada dasarnya, sistem dan juga produk bank syariah itu sendiri memiliki perbedaan yang signifikan dengan produk produk yang ditawarkan oleh bank konvensional. Sebagai referensi, berikut ini akan Kami paparkan beberapa jenis produk yang biasanya ditawarkan pada bank yang berbasis syariat Islam di Indonesia.

1.       Prinsip Mudharabah

produk produk bank syariah
Prinsip Mudharabah

Mudharabah memiliki artian sebagai bentuk perjanjian antara dua pihak yang mana pihak pertama selaku pemilik dana (sahibul mal) sementara itu pihak kedua sebagai pengelola dana (mudharib) untuk melakukan pengelolaan suatu kegiatan ekonomi yang menyepakati nisbah bagi hasil atas keuntungan yang akan diperoleh sedangkan kerugian yang suatu waktu bisa saja terjadi merupakan bentuk risiko pemilik dana sepanjang dirinya tidak memiliki bukti bahwa mudharib melakukan kecurangan atau tidak amanah.

2.       Prinsip Wadiah

Prinsip Wadiah

Wadiah memiliki arti titipan berupa dana ataupun jenis benda oleh pihak pertama (nasabah) pada pihak penerima titipan yang wajib untuk dijaga serta sewaktu-waktu dapat diambil kembali titipan tersebut oleh setiap nasabahnya. Penitip ini biasanya akan dikenakan tarif atau biaya penitipan dengan nilai tergantung dari pihak bank yang bersangkutan. Wadiah sendiri terbagi menjadi dua yaitu wadiah ya dhamamah dan wadiah yad al amanah.

3.       Produk Pembiayaan Bank Syariah

Produk Pembiayaan Bank Syariah

Produk produk bank syariah yang tergolong ke dalam kategori ini diantaranya seperti prinsip murabahah, prinsip istishna, dan prinsip salam. Masing – masing prinsip tersebut memiliki keuntungan dan programnya sendiri – sendiri. Murabahah adalah akad jual beli barang, isthisna yang merupakan produk akad jual beli barang melalui pemesanan dengan kriteria tertentu sementara itu prinsip salam adalah akad jual beli musalam fiih.

4.       Prinsip Musyarakah

Prinsip Musyarakah

Pengertian dari prinsip Musyarakah ini merupakan suatu perjanjian beberapa pihak untuk menyertakan modal pada suatu kegiatan ekonomi serta pembagian keuntungan maupun kerugian sesuai dengan porsi (nisbah) yang telah disepakati sejak awal. Prinsip ini pun kini sudah sering ditawarkan sebagai produk bagi hasil perbankan yang berlandaskan syariat Islam.

5.       Produk Layanan Jasa Bank Syariah

Layanan Jasa

Bank syariah pun menawarkan beragam pilihan produk layanan jasa yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti wakalah yaitu akad pemberian kuasa dari dari pihak muwakil (pemberi kuasa), hawalah sebagai produk akad pengalihan hutang,  sharf yang merupakan sebuah akad jual beli Valuta dengan Valuta asing, produk khafalah yang merupakan akad pemberian jaminan yang diberikan oleh pihak penjamin dan terakhir rahn yang merupakan sebuah akad penyerahan barang/harta (marhun) dari nasabah (rahin) pada pihak bank.

Demikian telah Kami jelaskan berbagai produk bank syariah yang saat ini sudah begitu populer sekali di Indonesia sebagai produk perbankan anti riba dan halal bagi seluruh umat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *