You are here: Home » Keuangan » Cara Klaim Asuransi untuk Mobil dan Kendaraan lain

Cara Klaim Asuransi untuk Mobil dan Kendaraan lain

Sebagian orang menganggap asuransi merupakan hal yang sangat penting bagi mereka, khususnya yang memiliki kendaraan. Baik itu motor atau pun asuransi untuk mobil anda sebisa mungkin harus bisa mengajukannya. Karena selain membantu anda dalam masalah berkendara, asuransi juga membantu anda jika kendaraan anda telah mengalami kerusakan sendiri atau pun karena orang lain.

Cara Klaim Asuransi Kendaraan

1. Foto kendaraan yang rusak

Langkah pertama adalah anda harus mengambil gambar secepat mungkin mengenai kerusakan yang dialami oleh kendaraan. Hal ini penting dilakukan apabila kendaraan anda sampai tidak bisa jalan akibat kerusakan yang dialami. Foto ini merupakan data pertama untuk klaim asuransi  karena sebagai barang bukti jika anda memang benar mengalami kecelakaan.

asuransi untuk mobil

2. Siapkan dan lengkapi dokumen

Dalam klaim asuransi untuk mobil atau kendaraan lain, terdapat beberapa dokumen yang harus anda sediakan untuk polis informasi terkait informasi anda dan kendaraan. Berkas yang harus anda penuhi antara lain, fotokopi polis asuransi, surat keterangan kepolisian jika kendaraan anda memang rusak parah, dan juga fotokopi SIM dan STNK.

3. Kunjungi bengkel

Jika berkas dan dokumen sudah anda siapkan, tugas anda selanjutnya adalah mengunjungi bengkel mobil. Disarankan untuk memperbaiki kendaraan anda pada bengkel yang sudah anda kenal baik. apabila kendaraan rusak di luar kota, segera hubungi pihak perwakilan asuransi untuk datang. Ceritakan kronologi kerusakan dan cara klaim disana. Batas waktunya 3 x 24 jam setelah kecelakaan.

4. Isi formulir

Dan tahap yang terakhir adalah anda harus mengisi formulir yang sudah disediakan. Ini formulir tersebut dengan jujur dan sebenar – benarnya. Dan jangan mengisi data palsu karena dari pihak asuransi akan melakukan pengecekan. Dan tugas anda selanjutnya hanyalah menunggu kabar dari bagian bengkel dalam mengatasi kerusakan kendaraan anda.

Pastikan anda bisa melalui tahap – tahap tersebut dalam klaim asuransi untuk mobil tersebut. Proses akan ditolak jika anda tidak bisa melewati satu tahap saja dan juga supaya bisa cepat menjalankan tujuan anda untuk mengklaim asuransi. Tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *