You are here: Home » Tips Bisnis » Manfaat dan Jenis Asuransi untuk Melahirkan

Manfaat dan Jenis Asuransi untuk Melahirkan

Asuransi yang biasa dikenal adalah asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan asuransi kesehatan. Ternyata asuransi kesehatan juga dapat berupa asuransi untuk melahirkan. Asuransi ini bertujuan untuk memberi keringanan untuk biaya persalinan sang ibu. Selain itu terdapat manfaat lain serta jenis asuransi melahirkan. Simak uraian di bawah ini!

Manfaat dan Jenis Asuransi Melahirkan

Manfaat Asuransi untuk Melahirkan

1. Meringankan biaya melahirkan serta perawatan pasca melahirkan

Asuransi untuk melahirkan dapat mengcover biaya saat persalinan serta biaya perawatan setelah persalinan. Biaya yang bisa diklaim oleh asuransi tergantung perjanjian sejak awal atau premi yang dibeli oleh pihak pembeli premi.

2. Mengurangi angka kematian bayi

Perempuan yang tidak memiliki biaya untuk persalinan biasanya menggugurkan kandungannya. Besarnya biaya persalinan membuat cara ini sebagai pilihan karena sang ibu tak sanggup membayarnya. Namun asuransi melahirkan akan membantu sang ibu yang kekurangan biaya saat melahirkan. Besarnya pertanggungan  tergantung jumlah premi yang dibayarkan.

3. Fasilitas memadai

Berbagai jenis fasilitas ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Jenis fasilitas tersebut tergantung pada kelas-kelasnya. Jika Anda menginginkan fasilitas yang sangat memadai, Anda sebaiknya memilih kelas tertinggi.

Jenis Asuransi untuk Melahirkan

 1. Asuransi program pemerintah

Asuransi program pemerintah ini merupakan asuransi yang sangat terjangkau bila dibandingkan dengan asuransi-asuransi lainnya. Premi yang dibayarkan tiap bulan sangat terjangkau. Selain itu untuk pengajuan pembuatan asuransi ini juga sangat mudah.

2. Asuransi dari perusahaan asuransi

Asuransi dari perusahaan asuransi dapat berupa asuransi jiwa serta asuransi kesehatan. Asuransi jiwa ini selain menanggung kematian yang tidak diinginkan pasca melahirkan, juga menanggung perlindungan serta perawatan ibu dan calon bayi saat masa kehamilan. Pertanggungan yang diberikan adalah biaya sebelum persalinan serta perawatan setelah melahirkan. 

Selain itu asuransi jiwa ini menanggung biaya bila terjadi komplikasi saat melahirkan. Resiko lainnya yang ditanggung oleh asuransi ini adalah biaya perawatan bayi bila mengalami kelainan atau cacat, resiko kemungkinan bayi meninggal dunia, serta menanggung biaya perawatan inkubator. Sementara asuransi kesehatan menanggung biaya melahirkan normal maupun caesar. 

Penjelasan mengenai manfaat serta jenis asuransi untuk melahirkan ini semoga menyadarkan para ibu betapa pentingnya asuransi melahirkan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi calon bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *