You are here: Home » Keuangan » Cara Memilih Asuransi untuk Mobil yang Bagus

Cara Memilih Asuransi untuk Mobil yang Bagus

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, banyak orang yang memikirkan mengenai perihal asuransi untuk mobil. Hal ini dilakukan supaya dapat mencegah pengeluaran dan juga pembiayaan ketika kendaraan mengalami kerusakan. Asuransi ini tidak hanya berlaku untuk mobil mewah saja, melainkan semua jenis mobil. Bisa dibayangkan berapa banyak yang keluar untuk memperbaikinya.

Cara Memilih Asuransi untuk Mobil

1. Pahami Jenis Asuransi

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah bahwa asuransi mobil memiliki 2 jenis, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Untuk asuransi All Risk akan mengcover segala bentuk kerusakan yang dialami mobil, termasuk terkena bencana alam. Dan untuk Total Loss Only (TLO) akan mengganti segala jenis kerusakan jika sudah melebihi 75 persen pada bagian kerusakan.

asuransi untuk mobil

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Lalu yang kedua anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan anda. Sebelumnya, anda harus mengetahui kondisi kendaraan seperti bagian luar dan dalam, serta umur mobil anda. Tidak ketinggalan juga kenali lingkungan dan akses yang biasa anda gunakan ketika menggunakan mobil. Dengan beberapa hal tersebut anda bisa cermat dalam memilih jenis asuransi yang akan anda gunakan.

3. Rekomendasi perusahaan

Untuk yang baru ingin mengajukan asuransi, alangkah baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu layanan dari pihak asuransi. Anda bisa mencari informasi melalui internet, tetangga, teman, atau bisa langsung bertanya kepada pihak penjual mobil. Kepada mereka anda bisa langsung menanyakan mengenai kelebihan dan kekurangannya. Jika belum yakin anda bisa menanyakan ke pihak asuransi.

4. Perhatikan detail kontrak

Setelah menentukan jenis asuransi yang akan anda ambil, tahap terakhir adalah menyetujui kontrak jangan lupa untuk membaca surat kontrak dengan seksama dan detail. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman dan juga layanan yang tidak anda inginkan terjadi. Hal yang perlu diperhatikan seperti cara klaim asuransi dan juga simulasi pembayaran premi asuransi anda.

Sebelum melakukan pendaftaran asuransi untuk mobil, disarankan bagi anda untuk mengetahui latar belakang perusahaan dan juga apa saja yang disediakan untuk menyelesaikan kerusakan kendaraan anda. Perhatikan juga bagaimana untuk melakukan klaim supaya anda tidak mengalami kesulitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *