You are here: Home » Tips Bisnis » Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Anda mungkin telah memiliki kendaraan pribadi seperti mobil dan dapat mengendarainya dengan hati-hati, menggunakan safety belt, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Namun hal tersebut belum tentu dapat dilakukan pengendara yang lain. Sehingga anda perlu memiliki asuransi mobil untuk mengurangi kerugian apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Akan tetapi dengan memiliki asuransi, berarti anda harus membayar premi yang telah disepakati. Namun hal tersebut sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan. Asalkan anda memilih agen asuransi yang tepat.

Asuransi Mobil
Asuransi Mobil

All Risk Asuransi

Tidak jauh dari namanya, asuransi mobil all risk memberi perlindungan tertentu untuk memberi perlindungan akan risiko yang kemungkinan terjadi. Dengan tidak mempedulikan persentase kerusakan yang besar maupun kecil.

Umumnya untuk asuransi jenis ini juga memberi perluasan jaminan seperti kerusakan yang diakibatkan oleh banjir, beberapa kasus huru-hara, dan perlindungan lain. Dari berbagai perusahaan asuransi, asuransi all risk juga disebut sebagai asuransi gabungan atau comprehensive.

Total Loss Only (TLO) Asuransi

Asuransi mobil TLO hanya dapat menanggung kerugian yang memiliki nilai lebih dari 75% dari harga mobil, kehilangan sebab tindak kejahatan atau pencurian.

Namun apabila kerusakan yang terjadi itu ringan dan kerugian yang ditanggung berada di bawah 75% dari harga mobil, maka kerugian tersebut tidak akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Contohnya seperti apabila mobil di bobol ataupun dicuri ketika terparkir, TLO asuransi yang akan menanggung kerugian finansial yang terjadi. Akan tetapi apabila mobil hanya tergores dan mengakibatkan kerugian kurang dari 75% dari harga mobil, maka dari pihak perusahaan asuransi tidak memberi ganti rugi.

Apabila dibandingkan dengan premi asuransi all risk, maka asuransi all risk tergolong lebih tinggi apabila dibandingkan dengan asuransi TLO. Sehingga apabila anda menginginkan perlindungan yang lengkap, anda dapat memilih asuransi all risk. Akan tetapi apabila anda merasa cukup hati-hati ketika berkendara, maka asuransi TLO saja juga sudah cukup.

Setelah mengetahui kedua jenis asuransi tersebut, maka diharapkan anda dapat lebih hati-hati lagi dalam berkendara, serta dapat memilih dengan tepat jenis asuransi untuk mobil sesuai kebutuhan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *